Nyeri Dada Selama 15 Menit, Waspada Serangan jantung

Serangan jantung dapat terjadi secara tiba-tiba dalam beberapa kasus. Namun kebanyakan berlangsung secara perlahan mulai dari rasa ketidaknyamanan. Melansir dari www.heart.org, gejala paling umumnya ialah nyeri di dada atau muncul rasa tidak nyaman. Berikut tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan terkait serangan jantung ialah:

1. Merasa tidak nyaman di bagian tengah dada yang terjadi dalam waktu beberapa menit bagi sebagian besar serangan jantung. Kadang rasa nyeri dada akan hilang kemudian muncul kembali. Biasanya rasa ketidaknyamanan itu seperti ditekan, diremas, kepenuhan atau rasa sakit.

2. Rasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas area lainnya, dengan gejala berupa rasa sakit atau ketidaknyamanan pada bagian lengan, punggung, leher, rahang, ataupun perut.

3. Mengalami sesak napas yang terjadi dengan atau tanpa rasa ketidaknyamanan di dada.

4. Ada juga tanda-tanda lainnya seperti keringat dingin, mual, dan pusing.

Dilansir dari www.mayoclinic.org umumnya serangan jantung menyebabkan nyeri dada selama 15 menit bahkan lebih. Jika Anda mengalami serangan jantung, hubungi bantuan medis darurat. Adapun pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika terjadi serangan jantung adalah:

1. Hubungi nomor darurat seperti bantuan medis untuk mengirimkan ambulans. Jika tidak ada, minta tetangga atau teman untuk mengantarkan ke rumah sakit terdekat. Jangan mengabaikan gejala serangan jantung, dan jangan berkendara sendiri sebab kondisi Anda bisa saja semakin memburuk dan mengakibatkan bahaya.

2. Sembari menunggu bantuan datang, Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan mengunyah lalu menelan aspirin yang membantu menjaga darah dari pembekuan. Namun apabila Anda alergi terhadapnya maka jangan dikonsumsi.

3. Minum nitrogliserin sesuai petunjuk apabila sebelumnya sudah diresepkan oleh dokter Anda seraya menunggu bantuan medis datang.

4. Jika berhadapan dengan orang yang mengalami serangan jantung yang tidak sadarkan diri, Anda dapat melakukan CPR. Apabila denyut nadinya tidak ditemukan dan ia tidak bernapas, maka mulailah CPR agar darah tetap mengalir.

5. Pada bagian tengah dada orang tersebut, Anda dapat mendorongnya dengan keras dan ritme yang cepat sekitar 100 sampai 120 kompresi dada per menit.

Itulah gejala serangan jantung dan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan bantuan, semoga bermanfaat.

PUSPITA AMANDA SARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.